... .. . Resensi Buku Islam

Situs ini memuat informasi tentang buku buku Islam. Resensi dan ringkasan buku buku Islam yang insya Allah bermanfaat buat Anda

My Photo
Name:
Location: Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

I am just a student. I love to study.

Monday, March 24, 2008

Tafsir Surat al Mulk

... Ringkasan Buku ...
http://buku-islam.blogspot.com/

Judul : Tafsir Al Mulk
Penulis : Al Imam al Hafizh 'Imaduddin Abul Fida' Isma'il bin Katsir ad Dimasyqi
Penerjemah : Ustadz Ahmad Sabiq Abu Yusuf, LC
Penerbit : Media Tarbiyah
Cetakan : Pertama, Oktober 2007
Halaman : 76


Buku ini cukup ringkas yang memuat tafsir Surat Al Mulk karya Imam Ibnu Katsir yang kemudian diterjemahkan oleh Ustadz Ahmad Sabiq Abu Yusuf, LC.

Berikut sebagian dari isinya yang bisa saya kutipkan buat Anda.


KEUTAMAAN SURAT AL MULK]
------------------------------------
Berkata Imam Ahmad: Telah menceritakan kepadaku Hajjaj bin Muhammad dan Ibnu Ja'far, keduanya berkata: Telah menceritakan kepadaku Syu'bah dari Qatadah dari 'Abbas al Jusyami dari Abu Hurairah dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwa sallam, beliau bersabda:

"Sesungguhnya ada satu surat yang berjumlah tiga puluh ayat yang memberikan syafa'at kepada yang menghafalkannya sampai ia diampuni, itu adalah surat at Tabarak (Al Mulk)."
Hadits di atas diriwayatkan oleh penyusun kitab Sunan yang empat dari hadits Syu'bah. Dan Imam at Tirmidzi berkata, "Hadits ini hasan shahih."(Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Sunannya, kitab ash Shalah bab Ayat AyatAl Qur'an (II/57, no. 1400); at Tirmidzi dalam Sunannya, kitab Keutamaan Al Qur'an bab Keutamaan Surat Al Mulk (V/151, no. 2890); an Nasa-i dalam Sunannya, kitab 'Amalul Yaum wal Lailah bab Keutamaan Membaca Surat at Tabaarak (al Mulk), hal. 433, no. 310; Ibnu Majah dalam Sunannya kitab Adab, bab Pahala al Qur'an (II/1244, no. 3786), Ahmad dalam Musnad (II/299), al Hakim dalam al Mustadrak (II/398), dan beliau berkata, "Hadits ini sanadnya shahih hanya saja Imam al Bukhari dan Imam Muslim tidak meriwayatkannya."Dan disepakati oleh Imam adz Dzahabi).

Imam ath Thabrani dan al Hafizh adh Dhiya' al Maqdisi meriwayatkan dari jalan Salam bin Miskin dari Tsabit dari Anas, ia berkata, "Rasulullahshallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

'Ada satu surat dalam Al Qur'an yang akan berdebat membela yang menghafalkannya sehingga akan bisa memasukkannya ke dalam Surga, yaitu surat at Tabaarak (al Mulk).'"
Hadits ini disebutkan oleh Imam as Suyuthi dalam ad Durrul Mantsur (VI/246), al Haitsami dalam Majma'uz Zawaa-id (VII/1231) dari Anas bin Malik. Beliau berkata, "Diriwayatkan oleh Imam ath Thabrani dalam al Mu'jamush Shaghiir dan al Mu'jamul Ausath dan para perawinya adalah para perawi shahih.").



[PERSONAL VIEW]
---------------------
Untuk menetapkan sesuatu itu memiliki keutamaan, perlu ada dalilnya, baik dari al Qur'an atau dari hadits Nabi shallallahu'alaihi wa sallam. Dari hadits ini kita dapat mengetahui bahwa surat al Mulk mempunyai keutamaan, seperti yang telah disebutkan pada hadits di atas. Untuk itu patut bagi kita agar dapat menghafal surat al Mulk ini. Apalagi melihat ganjaran yang begitu besar bagi para penghafalnya. Tentunya menghafal semata dirasa tidak cukup. Kita pun perlu memahami makna dan tafsirnya.

Demikian semoga bermanfaat.


Ringkasan buku ini dibuat oleh Abu Isa Hasan Cilandak
di Depok, 21 Maret 2008
Selanjutnya...

2 Comments:

Anonymous n mursidi said...

salam buku

Sat May 24, 05:06:00 AM  
Anonymous n mursidi said...

salam buku

Sat May 24, 05:09:00 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home