... .. . Resensi Buku Islam

Situs ini memuat informasi tentang buku buku Islam. Resensi dan ringkasan buku buku Islam yang insya Allah bermanfaat buat Anda

My Photo
Name:
Location: Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

I am just a student. I love to study.

Monday, June 26, 2006

Wahai Kaum Muslimin Raihlah Pertolongan Allah

.. Wahai Kaum Muslimin Raihlah Pertolongan Allah ..

Judul Asli : Asbaabu Nashrillaahi lil Mu'miniin 'alaa A'daa ihim
Penulis : Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz
Penerbit : Daar al Imam Ahmad
Judul Indonesia : Wahai Kaum Muslimin, Raihlah Pertolongan Allah
Alih Bahasa : Tim Pustaka Ibnu Katsir
Penerbit : Pustaka Ibnu Katsir
Halaman : xviii + 57

Berikut sebagian isi dari buku tersebut yang bisa saya kutip. Dengan harapan bisa kaum muslimin bisa mengetahui secara sekilas isi buku tersebut dan bisa mengambil manfaat dari buku ini.


[SEBAB SEBAB DATANGNYA PERTOLONGAN ALLAH]
-----------------------------------------------------------------
Allah telah menjadikan kemenangan memiliki berbagai sebab dan bagi kekalahan pun memiliki berbagai sebab. Maka wajib bagi kaum mukminin untuk berpegang teguh dengan perintah Allah serta agar mereka menjaga hak hak Allah dan hak hamba hamba Nya. Dan hendaknya mereka juga menjauhi berbagai maksiat yang merupakan sebab tidak datangnya pertolongan (Allah). (hal. 4).

"Hai orang orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu." (Q.S. Muhammad : 7).



Ayat yang mulia ini merupakan seruan kepada seluruh kaum mukminin. Didalamnya Allah menjelaskan bahwa jika mereka menolong Allah, niscaya Allah akan menolong mereka. (hal. 5).

Bentuk pertolongan kaum mukminin kepada Allah yaitu dengan mengikuti syariatNya, menolong agama Nya serta melaksanakan hak hak Nya. Namun, bukan berarti Allah membutuhkan hamba Nya. Bahkan, justru merekalah yang membutuhkan Allah, sebagaimana Allah berfirman :

"Hai manusia, kamulah yang berkehendak (membutuhkan) kepada Allah, dan AllahDia lah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia memusnahkan kamu dan mendatangkan makhluk yang baru (untuk menggantikanmu). Dan yang demikian itu sekali kali tidak sulit bagi Allah." (QS. Faathir : 15 - 17).

Sabda Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam kepada Ibnu 'Abbas radhiyallahu'anhu :
"Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah niscaya engkau akan dapati Allah berada di hadapanmu." (HR. Tirmidzi no. 2516 dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahiihul Jaami' no. 7957) ). Maka barangsiapa menjaga Allah dengan menjaga agama Nya, istiqamah di atas agama Nya, saling menasehati dalam menetapi kebenaran, dan bersabar di atas agama Nya, niscaya Allah akan menolong mereka, mengokohkan mereka atas musuh musuh mereka, dan menjaga mereka dari tipu daya (makar) musuh musuh mereka. Allah berfirman :

"Dan kami selalu berkewajiban menolong orang orang yang beriman." (QS. ArRuum : 47). Dan orang orang yang beriman adalah mereka yang istiqamah di atas agama (syariat) Allah, memelihara hak hak Nya, dan menjauhi berbagai larangan Nya. (hal. 12)

.... Maka inilah bentuk pertolongan Allah dengan melakukan perintah perintah Nya dan meninggalkan larangan larangan Nya dengan keimanan dan keikhlasan kepada Allah serta mentauhidkan Nya, juga keimanan kepada Rasul Nya. ...Maka menolong agama Allah adalah dengan mentaati Allah, mengagungkan Nya dan ikhlas kepada Nya serta mengharapkan apa apa yang ada disisi Nya, mengamalkan syariat Nya karena menginginkan pahala darinya dan untuk menegakkan agama Nya. Maka barang siapa yang memiliki sifat sifat ini, sungguh merekalah orang orang yang beriman yang Allah berfirman tentang mereka :

"Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu." (QS. Muhammad : 7). (hal. 21 - 22).


[PERSONAL VIEW]
Setiap orang tidak akan lepas dari permasalahan. Dan ketika kita mendapat masalah, tentu kita sangat berharap adanya pertolongan Allah buat kita. Inilah satu buku yang tepat yang perlu Anda baca. Buku ini menerangkan bagaimana caranya agar pertolongan Allah turun kepada kaum muslimin. Dengan dilengkapi banyak ayat ayat Al Qur'an dan juga hadits yang berkaitan dengan pertolongan Allah. Juga terdapat kisah kisah yang bisa kita ambil ibrah / pelajaran agar pertolongan Allah dapat turun kepada kita yang dalam kesulitan. Sebenarnya buku ini adalah ceramah Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz di Universitas Ummul Qura yang kemudian dibukukan. Saya kira kaum muslimin perlu membaca buku ini agar mengetahui bagaimana caranya agar pertolongan Allah turun kepada kaum muslimin.

Kesimpulan yang saya dapatkan dari buku ini adalah bahwa pertolongan Allah dapat turun bila kita menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya atau dengan kata lain bertakwa kepada Allah.

"Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya." (QS. Ath Thalaq : 4).

Semoga bermanfaat

Resensi ini dibuat oleh Chandraleka
Selanjutnya...

2 Comments:

Anonymous ikhwan said...

salam kenal, keren banget nih! Doakan saya biar istiqamah dalam manhaj ini ya akh

Tue Aug 22, 08:21:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

Amiin. Ya deh, saya bantu doa. Doakan saya juga donk ..

Wed Sep 27, 05:41:00 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home