... .. . Resensi Buku Islam

Situs ini memuat informasi tentang buku buku Islam. Resensi dan ringkasan buku buku Islam yang insya Allah bermanfaat buat para pembaca.

Wednesday, July 06, 2022

Fiqih Dzikir Pagi Petang

... Ringkasan Buku ...
http://buku-islam.blogspot.com

Judul     : Fiqih Dzikir Pagi Petang
Penulis   : DR. Firanda Andirja, Lc.,MA.
Penerbit  : Al Islam
Cetakan   : Ke-8, Rajab 1442 H
Halaman   : 119
Dimensi   : 10 cm x 14,5 cm


اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ


"Ya Allah! Engkau adalah Rabb ku, tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui memikul dosaku. Karena itu, ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau." (Dibaca 1x)
(HR. al Bukhari No. 6306)

Keutamaannya:
Dzikir ini dinamakan oleh Nabi shallallahu'alaihi wa sallam dengan 'Sayyidul Istighfar' yaitu pemimpin doa istighfar, karena sayyid maknanya adalah yang mengungguli lainnya. Maka dzikir ini mengungguli lafal-lafal dzikir istighfar yang lainnya, jadi dzikir inilah yang terbaik. Hal ini karena kandungannya dibuka dengan pujian terhadap Allah subhanahu wa ta'ala, pengakuan sebagai seorang hamba, pengakuan dosa dan ketidakmampuan, dan ditutup dengan pengakuan bahwa tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Allah.

Dzikir ini menggabungkan antara penyebutan sifat-sifat Allah dengan sifat-sifat tertinggi dengan pengakuan terhadap kondisi hamba yang terendah dan terhina (Hasyiat As Sindi 'ala sunan An Nasaai 8/280).

Barangsiapa yang membaca dzikir ini di siang hari dalam kondisi yakin lalu meninggal sebelum sore hari maka ia termasuk penduduk surga.


Kandungannya:
(Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku) yaitu janjiku untuk beriman kepada-Mu, untuk taat dalam menjalankan segala perintah-Mu dan menjauhi larangan-Mu, dengan semaksimal kemampuanku.

(Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang aku perbuat) yaitu aku berlindung dari akibat maksiat yang aku lakukan, aku mengetahui bahwa maksiat pasti mendatangkan akibat buruk di dunia maupun di akhirat, namun aku berlindung kepada-Mu dari akibat buruk tersebut.

(Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku) yaitu aku mengetahui bahwa seluruh kenikmatan dan seluruh kelebihan yang aku miliki berasal dari-Mu, aku tidak ujub dengan nikmat tersebut, semua kenikmatan tersebut adalah murni dari-Mu.

(Dan aku mengakui memikul dosaku). Di antara dosaku adalah aku tidak mampu untuk mensyukuri seluruh nikmat tersebut karena begitu banyaknya. (Umdatul Qaari 22/279). Al Khaththabi berkata:

'Orang Arab berkata: "Si fulan mengakui memikul dosanya" yaitu jika ia memikulnya dalam kondisi ia membencinya, hanya saja ia tidak mampu untuk menolak hal tersebut dari dirinya." (Ma'aalim As Sunan 4/145). Ini menjelaskan betapa banyak dosa yang kita lakukan dalam kondisi kita sadar bahwa itu merupakan dosa, dan kita benci terjerumus dalam dosa tersebut, akan tetapi kita tidak mampu untuk melepaskan diri dari dosa tersebut.

(Karena itu ampunilah aku) yaitu ampuni seluruh dosaku dengan rahmat-Mu yang luas, rahmat-Mu kepadaku yang melebihi kasih sayang ibuku kepadaku. Dosa sebesar apa pun, sebanyak apa pun, meskipun dilakukan berulang-ulang, maka tidak ada yang sulit untuk Engkau ampuni jika telah bertaubat, karena Engkau adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


[Catatan Pribadi]
-----------------
Berbeda dengan buku dzikir pagi petang yang lain. Untuk buku karya ustadz Firanda ini selain memuat bacaan-bacaan dzikir pagi petang, memuat pula keutamaan dan kandungannya, dari setiap bacaan dzikir. Ini yang membuat beda dari yang lain. 

Pada ringkasan buku ini hanya dimuat bacaan dzikir sayyidul istighfar bersama dengan keutamaan dan kandungannya sebagai gambaran dari isi buku. 

Selain itu buku ini menjelaskan motivasi Allah agar hamba-Nya berdzikir pagi dan petang; kapan waktu dzikir pagi dan petang; dan adab dalam berdzikir pagi dan petang.

Buku yang dibuat dalam format buku saku ini sangat 'handy' untuk dibawa saat kita berpergian agar bisa mudah mengamalkan dzikir pagi dan petang. Banyak dijumpai saat ini orang mulai gemar berdzikir pagi dan petang saat di stasiun, kereta, di rumah dan dimana saja. Semoga Allah memudahkan kita dalam membiasakan dzikir pagi dan petang ini. Amin.


Ringkasan buku ini dibuat oleh Abu Maryam
di Bojonggede, Bogor
07 Dzulhijjah 1443 H

Selanjutnya...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home