... .. . Resensi Buku Islam

Situs ini memuat informasi tentang buku buku Islam. Resensi dan ringkasan buku buku Islam yang insya Allah bermanfaat buat para pembaca.

Wednesday, April 24, 2024

Satu Kiat Mendulang Pahala di Akhir Ramadhan


 

 

Allah Yang Bersemayam Di Atas Arsy berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ
سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-5)

Kemudian, An-Nakha’i berkata,
“Amalan di Lailatul Qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 341).

Salah satu cara mendulang pahala yang berlimpah adalah dengan beramal di waktu-waktu yang diberkahi. Di antara waktu-waktu tersebut adalah pada 10 akhir Ramadhan. Salah satu dari malam-malam tersebut ada Malam Kemuliaan atau Laylatul Qadr yang keutamaannya lebih baik dari 1000 bulan sebagaimana dijelaskan oleh An-Nakha'i rahimahullah.  

Oleh karena itu kita harus berupaya dan pasang strategi untuk banyak beramal kebaikan di 10 hari terakhir Ramadhan.

Misalnya dengan banyak bersedekah di 10 malam terakhir. Kita bisa membuat daftar di catatan kita, tempat-tempat atau lembaga yang akan kita beri sedekah. Tentunya yang kita yakini amanah dan terpercaya. Untuk kemudian setiap malamnya secara rutin kita bisa salurkan sedekah kita. Alhamdulillah adanya mobile banking saat ini bisa mempermudah urusan ini. Kita berharap semoga dari rutinitas sedekah di tiap malamnya akan mencocoki salah satunya dengan Malam Laylatul Qadr. Sehingga bisa mendulang banyak keuntungan berlipat dari sedekah tersebut dengan ijin Allah.

Seorang yang cerdas selayaknya mengatur strategi dan tidak melewatkan momen istimewa di 10 hari terakhir Ramadhan ini. Semoga Allah menolong kita untuk melewatkannya secara istimewa pula.


----
Ditulis oleh Chandra
Sore hari di saat hujan
Di Citayam, 30 Maret 2024

Selanjutnya...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home